Skip to main content

Laptop Asus VivoBook Ultra A412DA Sebagai Media Pembelajaran Guru Millenial


Laptop ASUS Paling Ringan - Aktifitas saya sehari-hari adalah sebagai seorang guru di sebuah Sekolah Dasar Negeri yaitu SDN Cimone 7, yang beralamat di Jalan Proklamasi no 35 Kelurahan Cimone, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang - Provinsi Banten.

Tugas seorang guru adalah mengantarkan semua anak didiknya menjadi siswa-siswi yang berakhlaqul-karimah, beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Cerdas dan berbudi pekerti luhur, dan berwawasan IPTEK. Sangat besar harapan setiap guru kepada muridnya, agar kelak di kemudian hari mereka dapat menggantikan para pemimpin negeri ini demi kejayaan Bangsa Indonesia.

Beratnya Tantangan Guru Millenial
Setiap masa, tantangan yang dihadapi oleh para guru berbeda-beda. Sepuluh tahun yang lalu tantangannya berbeda dengan era Millenial seperti sekarang ini. Bila dulu mungkin tidak ada tantangan  berarti yang membuat anak malas belajar. Tidak seperti jaman sekarang ini. Tantangan yang dihadapi begitu komplek, sehingga membuat guru harus lebih maksimal dalam menerapkan pelajarannya. Berbagai rintangan yang mengganggu kegiatan belajar anak-anak pada era millenial ini disebabkan oleh adanya perkembangan teknologi yang begitu cepat. Ketika dulu tayangan televisi sangat mengganggu waktu belajar, sekarang lebih besar lagi gangguan yang harus dihadapi. Dengan perkembangan Informasi Teknologi (IT) yang begitu pesat, disertai perangkat seluler dan koneksi internet yang mudah didapatkan menjadi penyebab paling besar turunnya minat belajar anak-anak pada masa ini.

Sebagai Guru di era Millenial ini, kita dituntut mengikuti perkembangan jaman. Kita harus lebih pintar dibandingkan dengan anak didik kita. Terutama dalam bidang IT.
Pola Pembelajaran yang disampaikan oleh guru harus kreatif dan inovatif, sehingga menggugah semangat belajar anak-anak. 

Metode Pembelajaran yang manual seperti sudah biasa diberikan di setiap sekolah, cenderung membuat anak-anak cepat bosan dalam menerimanya. Diperlukan Metode Pembelajaran yang mengikuti perkembangan jaman.

youtube image

Metode Pembelajaran Era Millenial
Pembelajaran yang bisa memicu semangat belajar anak-anak bisa dipraktekkan dengan Media Pembelajaran berbasis Informasi Teknologi. Misalnya dengan memberikan Percobaan Ilmiah yang sudah dituangkan dalam RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Atau menyampaikan pelajaran melalui Media Audio Visual, contohnya; Guru menyampaikan pelajaran melalui presentasi menarik dengan media Laptop dan Infocus  sehingga anak-anak tidak cepat bosan. Bisa juga memutar Film Perjuangan atau pesan-pesan kebaikan yang sangat bermanfaat bagi perkembangan pendidikan anak-anak. 

SDN Cimone 7 sebagai Sekolah Adiwiyata 
Disamping mengajar para siswa, Guru Millenial terutama di SDN Cimone 7 mengenalkan sejak dini kepada anak-anak tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Pemerintah Kota Tangerang menerapkan Program Sekolah Berwawasan Lingkungan dengan diadakannya Adiwiyata. Program ini ditanggapi dengan serius dan penuh semangat oleh guru-guru dibantu dengan orang tua siswa yang kompak saling bahu-membahu untuk menciptakan Lingkungan Sekolah yang Asri dan Sejuk demi kenyamanan Proses Kegiatan Belajar Mengajar. Cukup merepotkan juga mengandalkan Laptop keluaran lama dengan RAM yang kecil ketika memasukkan data kelengkapan Adiwiyata ke dalam Macro Excel, harus menunggu lama karena kinerjanya kurang mumpuni. Tetapi berkat Laptop ASUS VivoBook Ultra A412DA  semuanya teratasi.  
Berkat arahan kepala sekolah Ibu Hj. Euis Maryani, SDN Cimone 7 lolos dalam penilaian Adiwiyata tingkat Kota Tangerang, Alhamdulillah...



ASUS VivoBook Ultra A412DA
Melihat tantangan tugas berat yang dihadapi para guru millenial, ASUS menanggapinya dengan meluncurkan sebuah Laptop yang diberi nama ASUS VivoBook Ultra A412DA. Laptop paling ringan dan ringkas di kelasnya ini dijulki "The World’s Smallest 14 inch Colorful Notebook". Menggunakan "Layar 14 inci Paling Berwarna dan Paling Kecil di Dunia". Sangat cocok untuk guru dengan mobilitas tinggi dan jadwal yang padat. Tidak memberatkan ketika berangkat kerja karena hanya dengan bobot 1,5 kg bisa masuk ke dalam tas kerja yang kecil.



K13 Kurikulum era Millenial
Tugas guru sebagai pengajar harus melengkapi Kegiatan Belajar Mengajarnya dengan Perangkat Pembelajaran Lengkap mulai dari RPP, SILABUS, PROTA, PROMES, KKM, JURNAL HARIAN, dan perangkat pendukung lainnya. Sistem Pembelajaran sekarang ini sudah menerapkan Kurikulum 2013 (K13), dimana setiap guru harus melengkapi semua administrasinya dengan rapi dan terencana. Dunia IT yang semakin maju mengharuskan guru menyiapkan administrasinya dengan lebih maju lagi, bukan secara manual seperti sepuluh tahun ke belakang, tetapi harus dibuat secara digital dengan diketik menggunakan perangkat komputer atau laptop.
Ketika membuat administrasi guru, kadang terkendala dengan lambatnya Laptop yang digunakan. Bisa karena Laptop yang sudah tua atau RAM nya yang kecil. Semua kendala itu bisa diatasi bila menggunakan Laptop ASUS VivoBook Ultra A412DA. Karena prosesor yang digunakan adalah keluaran terbaru dari AMD, yaitu prosesor AMD Ryzen 3 3200U dan AMD Ryzen 5 3500U yang sudah dijual di Indonesia. Sementara itu untuk kartu grafis menggunakan  Integrated Radeon Vega 3/Radeon Vega 8.


youtube image

RAM dan Storage Data
Kecepatan loading laptop ASUS terkecil di kelasnya ini sudah dibekali dengan RAM berkapasitas 4GB/8GB DDR4, bila masih kurang cepat sudah disediakan 1 slot tambahan untuk upgrade hingga 12 GB, sementara itu sebagai penyimpanan data sudah dilengkapi dengan ROM 1TB HDD.

Baterai yang Kuat dan Ramah Lingkungan
Mobilitas guru millenial yang tinggi membutuhkan power supply sebuah Laptop yang memadai, tenang..., karena Laptop ini sudah menggunakan baterai 37 WHrs. Jadi Asus ViveBook Ultra A412DA ini bisa dipakai satu hari penuh. Selain itu laptop ini sudah dilengkapi pula dengan fitur pengisian baterai super cepat. Hanya dengan waktu 49 menit mampu mengisi baterai 60% sehingga tidak menghabiskan waktu yang lama dalam proses pengisiannya, juga baterai yang digunakan memakai tipe yang sangat ramah bagi pengguna dan Laptop itu sendiri.



Konektifitas dan Berbagi File
Untuk menyambungkan Laptop ASUS ini dengan perangkat lain, ASUS VivoBook Ultra A412DA sudah dilengkapi dengan port USB Type-C™ (USB-C ™) yang dapat dibalik, menampilkan desain yang millenial memudahkan tersambung dengan perangkat lain. USB tipe baru ini mempunyai kecepatan transfer  10x lebih cepat daripada koneksi USB 2.0. Ada port USB 3.1 Gen 1 dan USB 2.0, output HDMI, serta pembaca kartu microSD, sehingga dapat dengan mudah menghubungkan semua periferal, display, dan proyektor menjadi semakin mudah.



Privasi dan Keamanan Laptop ASUS VivoBook Ultra A412DA
Laptop ini sudah dibekali sistem keamanan yang sangat canggih, dengan perpaduan antara sensor Fingerprint dan Windows Hello, data-data dalam laptop Asus ini terjamin keamanannya. Dan untuk membuka sistem operasi semakin cepat, tidak perlu mengetik password lagi yang menghabiskan waktu.

Sistem Operasi ASLI
Pada paket pembelian ASUS VivoBook Ultra A412DA sudah diinstal Windows 10 yang asli, jadi ketika membuat Administrasi Guru tidak perlu khawatir, Laptop Hang karena software  bajakan tidak akan terjadi lagi. Semakin semangat deh memberikan pelajaran kepada anak didik, karena pembuatan RPP dan Perangkat lainnya semakin cepat dan lancar.

Menyala dalam gelap
Laptop ASUS VivoBook Ultra A412DA Keyboardnya sudah dibekali dengan backlight ukuran penuh, jadi ketika membuat Perangkat Pembelajaran di tempat yang kurang cahaya masih kelihatan jelas. Bahannya kuat dan kokoh, nyaman ketika digunakan, daya tahannya lama karena sudah diuji hingga 10.000 ribu ketukan.



Warna Sesuai Gaya Guru Millenial
ASUS VivoBook Ultra A412DA sudah disediakan dalam pilihan warna sesuai dengan gaya Guru Millenial. Bisa dipilih warna Transparent Silver memberikan tampilan yang ramping dan canggih, atau Slate Grey untuk pendekatan yang lebih sederhana. Atur tren dengan Peacock Blue yang unik berwarna-warni, Keren... karena bisa berubah warna saat dilihat dari sudut yang lain. Jika  ingin menjadi pusat perhatian, ada Coral Crush dengan hasil akhir yang cerah memikat.

Tags: #ColorfulWithVivoBook, #ASUS, #AsusId #AsusVivobook, #AsusVivobookA412DA, #AsusVivobookUltraA412, #SpesifikasiAsusVivoBookUltraA412DA


KESIMPULAN:
Setelah melihat review di atas, Laptop ASUS A412DA menjadi Sarana Media Pembelajaran Guru Millenial. Dengan desain dan warna yang menarik, paling ringan di kelasnya, Dapur pacu mengandalkan produsan prosesor AMD ternama, sudah terinstal Windows 10 asli dalam paket pembelian, Fitur keamanan sudah dilengkapi dengan Sensor Fingerprint dan Windows hello, Baterai yang tahan lama disertai juga dengan fitur isi daya super cepat, RAM dan Storage sangat besar. Warnanya sangat menarik sesuai dengan trend Millenial, "The World's Smallest 14 inch Colorful Notebook"

youtube image

Spesifikasi Lengkap Laptop ASUS VivoBook Ultra A412DA
ASUS Vivobook Ultra A412DA
Layar 4.0? (16:9) LED backlit FHD (1920×1080) 60Hz Anti-Glare Panel
Processor AMD Ryzen™ 5 3500U 4 Core 8 Thread Clockspeed hingga 3.7 Ghz
Grafis Radeon™ Vega 8 Graphics
RAM 4 GB DDR4 2400MHz, Tersedia 1x Slot Upgrade Kapasitas Total 12 GB
Storage SSD M.2 256 GB.
Konektivitas Combo BT 4.2 + Wi-Fi AC (2×2)
Webcam HD 720p
I/O 1 x COMBO audio jack 1 x Type-A USB2.0 1 x Type-A USB 3.1 (Gen 1) 1 x Type-C USB 3.0 (USB 3.1 Gen 1 / Gen 2) 1 x HDMI
Baterai 2 Cell 37 Whr
OS Windows 10
Fitur Unggulan Illuminated chiclet keyboard (optional), Fingerprint, Windows Hello, Fast Charging, Asus SonicMaster.
Dimensi dan Berat 322 x 212 x 19.9 mm (PxLxT) 1.5 Kg Termasuk Baterai
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.


Tambahkan aplikasi Guru Millenial di smartphone tanpa install, buka Guru Millenial dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon titik 3 di pojok kanan atas pada browser, kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Guru Millenial dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Install aplikasi Guru Millenial

Tambahkan aplikasi Guru Millenial di smartphone tanpa install, buka Guru Millenial dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon 3 titikdi browser kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Guru Millenial dari layar utama smartphone Anda.